Kamis, 31 Maret 2011

Kinerja Komputasi dengan Parallel Processing


Apa itu Parallel Processing?
Parallel processing atau Pemrosesan Parallel merupakan penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan yang artinya membuat sebuah program berjalan lebih cepat karena CPU yang digunakan banyak. Namun pada penerapannya sangat sulit membagi sebuah proses program kedalam CPU yang berbeda-beda tanpa memiliki keterkaitan diantaranya.
Apa itu Komputasi Parallel?
Komputasi paralel merupakan salah satu teknik untuk melakukan pemprosesan data(komputasi) dengan memanfaatkan beberapa komputer dalam waktu bersamaan. Teknik ini dipakai jika sedang mengolah data dalam jumlah besar dan waktu yang diberikan untuk memproses data tersebut singkat.
Untuk menjalankan teknik ini, diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer,dimana untuk menghubungkannya menggunakan sebuah jaringan dan aneka perangkat lunak (middleware) yang berfungsi untuk mengatur distribusi tugas kepada masing-masing mesin paralel, Selain itu pemakai juga harus membuat sebuah pemrograman paralel untuk merealisasikan(implementasi) komputasi.
Apa itu Komputasi Parallel Processing?
Dari penjelasan diatas, dapat disimpilkan bahwa Komputasi Parallel Processing adalah proses atau pekerjaan komputasi di komputer dengan memakai suatu bahasa pemrograman yang dijalankan secara paralel pada saat bersamaan. Secara umum komputasi paralel diperlukan untuk meningkatkan kecepatan komputasi bila dibandingkan dengan pemakaian komputasi pada komputer tunggal. Penggunaan komputasi parallel prosessing merupakan pilihan yang cukup handal untuk saat ini untuk pengolahan data yang besar dan banyak. Parallel komputasi melakukan perhitungan komputasi dengan menggunakan 2 atau lebih CPU/Processor dalam suatu komputer yang sama atau komputer yang berbeda dimana dalam hal ini setiap instruksi dibagi kedalam beberapa instruksi kemudian dikirim ke processor yang terlibat komputasi dan dilakukan secara bersamaan.
Parallel processing berbeda dengan multitasking, yaitu satu CPU mengeksekusi beberapa program sekaligus. Parallel processing disebut juga parallel computing. Pada sistem komputasi parallel terdiri dari beberapa unit prosesor dan beberapa unit memori. Ada dua teknik yang berbeda untuk mengakses data di unit memori, yaitu shared memory address dan message passing.
Perbedaan Komputasi Tunggal dengan Komputasi Paralle, dapat dilihat dari gambar dibawah ini:
Komputasi Tunggal
 

Komputasi Parallel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar