Kamis, 27 Januari 2011

Dampak Euphoria Piala AFF terhadap Perekonomian Indonesia dalam Bidang Informatika


Dampak Euphoria Piala AFF terhadap Perekonomian Indonesia dalam Bidang Informatika

Akhir tahun 2010 masyarakat Indonesia diramaikan dengan adanya kejuaran Piala AFF. Meski Piala AFF 2010 telah lewat, tetapi euphoria piala AFF tersebut masih terasa sampai sekarang. Tak dapat dipungkiri dengan keberhasilan para pemain Timnas masuk ke final Piala AFF 2010 lalu, membuat seluruh masyarakat Indonesia memperlihatkan rasa persatuan dan kesatuan mereka.
Walaupun Timnas kita hanya dapat menjadi runner up dalam ajang ini, tetapi ini bisa menjadi awal yang  baik untuk Timnas Indonesia di dunia Sepak Bola. Pertandingan demi pertandingan pada piala AFF telah di saksikan puluhan juta warga Indonesia yang bersorak sorai saat para pemain kesayangannya menggiring bola menuju ke gawang lawan. Untuk para pemain Timnas yang mungkin sebelum ada ajang ini tidak di kenal oleh Indonesia, tetapi saat ini siapapun pasti mengenal semua pemain Timnas yang mendukung dalam pertandingan ini. Diantara nya adalah Bambang Pamungkas, Irfan Bachdim, Christian Gonzales, Firman Utina, Markus H.M, Mohammad Nasuha, Oktovianus Maniani, dan kawan- kawan. Kelincahan para pemain di lapangan hijau GBK berhasil menarik minat pendukung untuk menonton di GBK. Ajang ini tidak hanya membuat pecinta bola menjadi besemangat untuk menonton pertandingan, bahkan orang yang sebelumnya tidak menyukai bola pun ikut memberikam dukungan bagi Timnas Indonesia.
Dengan semangat tersebut lah secara tidak langsung ajangn ini telah memberikan dampak bagi perekonomian Indonesia, misalnya saja pada bidang informatika, dampak perekonomian Indonesia terlihat pada penjualan tiket menggunakan sistem online meski belum terkoordinir dengan baik, kemudian dengan adanya Piala AFF, para pendukung negara masing-masing akan mencari informasi tentang jadwal pertandingan dengan cara online pula. Selain itu tiket pesawat pun di Indonesia banyak dibeli oleh para warga asing yang ingin menonton negara nya bertanding, yang mudah dengan cara online. Dampak tersebut membuat perekonomian di Indonesia juga meningkat, dilihat dari meningkatnya permintaan kamar untuk para pendatang menginap di hotel-hotel, dan yang tidak kalah dampaknya adalah dapat dilihat dari meningkatnya penjualanan segala hal yang berhubungan dengan Sepak Bola, sehingga menaikkan omset bagi para pedagang Kaos bola, Bola, Topi, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar