Rabu, 06 Oktober 2010

Penggunaan Ponsel sebagai Modem


Penggunaan Ponsel sebagai Modem
Teknologi informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus meningkat membawa dampak utama yaitu pada proses pengolahan data menjadi suatu informasi. Penggunaan internet adalah solusi yang sangat optimal dalam beburu informasi. Saat ini layanan internet jauh lebih merakyat dibandingkan dulu, dimana kita harus pergi dulu ke warnet untuk mengakses internet. Sekarang, teknologi internet lebih berkembang pesat lagi, mislanya hotspot sudah banyak tersebar dari kampus, cafe, sampai pusat perbelanjaan. Untuk teknologi handphone pun tidak mau kalah bermacam- macam produk ditawarkan oleh setiap operator GSM (GPRS sampai 3.5G) dan CDMA berkaitan dengan akses data internet.
Untuk koneksi dengan handphone ini sepertinya cukup  banyak diminati, selain karena kemudahan koneksi, dimana kita bisa mengakses internet dari mana saja, mau di rumah, di jalan, atau dimanapun saat kita tidak bisa mendapatkan akses WiFi. Akses internet dengan handphone juga memberikan alternatif pilihan berkaitan dengan biaya, yaitu volume based dan timed based.
Pemanfaatan ponsel sebagai modem untuk akses internet merupakan salah satu alternatif koneksi internet. Caranya adalah dengan menghubungkan ponsel ke komputer/laptop melalui kabel data, infrared, ataupun bluetooth.  Untuk penggunaan dengan kabel data tahapan untuk menginstall nya adalah sebagai berikut :
  1. Persiapan untuk membuat Com Port, komunikasi modem dilakukan melalui Com Port dan digunakan kabel data untuk difungsikan sebagai Com Port. Caranya dengan merubah fungsi dari USB Cable data menjadi sebuah COM pada komputer/ laptop.
  2. Setting driver dari install driver setelah dibukanya Com Port maka software WinXP dapat mengenali handphone sebagai modem
  3. Proses untuk koneksi Network pada Windows XP, setelah COM port dan Modem selesai di Install, proses terakhir adalah memasukan fungsi koneksi dari Modem sebagai koneksi ke Internet.

Untuk modem ponsel, keuntungan yang kita bisa dapatkan adalah kita bisa menggunakan fasilitas dasar kartu seluler yaitu untuk ber-telepon dan ber-sms, tanpa harus bongkar pasang .Untuk beberapa kartu dan ponsel, ada kelebihan lain dimana saat kita menggunakan sebagai modem dan masuk ke dunia internet, kita tetap bisa menerima telepon dan sms, dengan demikian kita mendapatkan informasi  lain dari rekan kita.
Keuntungan  nyata lainnya terletak pada kemudahan pemakaian internet di daerah yang tidak terjangkau oleh kabel telepon, jaringan komputer, atau bahkan oleh jangkauan hotspot internet sekalipun. Jika pada suatu daerah terpencil seseorang dapat memperoleh sinyal GPRS, maka ia dapat mengakses internet melalui komputer/laptopnya dengan memanfaatkan ponsel.
 Untuk kelemahan dari modem ponsel  ini adalah lebih pada setting ponsel sebagai modem itu sendiri, karena karakter dari masing-masing merk, jenis, seri ponsel beragam yang tentu saja membutuhkan seting yang beragam pula, dan untuk yang satu ini relatif menyulitkan, kecuali dari pihak produsen telah menyediakan aplikasi yang memudahkan seting tersebut (Nokia PC Suite misalnya). Selain itu, kelemahan lain dari modem ponsel adalah ketahanan komponen  ponsel itu sendiri. Dengan pemakaian terus-menerus, bahkan sampai low batt misalnya, tentu saja itu akan membuat ponsel selalu bekerja ekstra, dan cepat panas. Berbeda dengan modem usb yang memang dirancang khusus untuk akses internet, jadi lebih tahan panas saat diajak bekerja keras.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar